Jumat, 09 April 2010

NOVEL NOVEL AGATHA CHRISTIE

Siapa yang tidak mengenal Agatha Christie di kalangan penggemar novel novel misteri tentu nama ini sudah tidakasing lagi, lahir pada 15 September 1890, terlahir dengan nama Agatha Miller, Agatha Christie adalah penuliskisah misteri paling terkenal di dunia dan pengarang yang karyanya paling laku sepanjang masa. Buku-bukunyatelah terjual sebanyak lebih dari satu miliar eksemplar dalam bahasa Inggris dan satu miliar lagi dalam 45 bahasaasing (hingga 2003). Sebagai contoh kepopulerannya yang luas, dia adalah penulis paling laris di Perancis, denganlebih dari 40 juta eksemplar novelnya terjual dalam bahasa Perancis (hingga 2003) dibandingkan dengan 22 jutauntuk Émile Zola, saingan terdekatnya.

Christie menerbitkan lebih dari 80 novel dan sandiwara teater yang kebanyakan merupakan kisah detektif danmisteri ruangan tertutup, banyak daripadanya yang berkisah mengenai salah satu tokoh serialnya, Hercule Poirotatau Miss Marple. Dia adalah seorang tokoh besar dalam fiksi detektif untuk keberhasilan komersilnya daninovasinya dalam genre tersebut. Meskipun dia suka mempersulit kisahnya dengan teka-teki yang lain dariumumnya, dia juga sangat teliti dalam "bermain adil" terhadap para pembacanya dengan memastikan bahwasemua informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan teka-tekinya diberikan. Salah satu karya awalnya, "Pembunuhan atas Roger Ackroyd", terkenal untuk akhir ceritanya yang mengejutkan.

Kebanyakan karyanya telah difilmkan, beberapa di antaranya beberapa kali berulang-ulang ("Pembunuhan di Atas Orient Express", "Pembunuhan di Sungai Nil", "Kereta 4.50 dari Paddington"). BBC telah memproduksiversi televisi dan radio dari hampir semua kisah-kisah Poirot dan Marple. Sandiwara panggungnya "The Mousetrap" memegang rekor sebagai sandiwara dengan masa putar terpanjang di London,—sejak dimulai pada25 November 1952 hingga sekarang ia telah diputar lebih dari 20.000 kali.

Pada 1971 dia dianugerahi gelar "Dame Commander of the British Empire". Dengan nama kehormatan Dame Agatha Mary Clarissa Christie, Agatha Christie meninggal pada 12 Januari 1976. Kini walaupun Agatha sudah tiada namun karya karya legendarisnya tetap hidup di hati para pembaca novel sepanjang masa.

Barangkali Sekedar mengingatkan kembali kepada para pembaca, atau bernostalgia akan koleksi novel novel karya beliau, yang sudah di Tranformasi bentuk menjadi Ebook ini kiranya bisa menghibur anda sekalian…(Andri Gunawan, Bogor, 07 Maret 2010)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar